1

Ikan merupakan bahan pangan yang paling digemari masyarakat hampir di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, ikan mudah didapat dan memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan dengan daging. Tahukah kamu, delain dari dua kelebihan diatas ikan juga memiliki kelebihan lain dalam hal gizi. Seluruh ilmu kedokteran telah mencatat banyak sekali manfaat ikan untuk kesehatan, yang dapat dinikmati oleh siapa saja yang mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Uniknya lagi, hampir semua jenis ikan memiliki kandungan gizi dan manfaat yang sama bagi tubuh manusia. Sehingga, harga ikan yang bervariatif memberi kesempatan kepada siapa saja untuk mencoba pola hidup sehat, yakni dengan mengkonsumsi daging ikan yang lezat. Tanpa perlu berfikir bahwa jenis ikan yang satu manfaatnya tidak sebaik jenis ikan yang lain, dan seterusnya. Semua jenis ikan sama, hanya kontur daging dan rasanya saja yang berbeda satu sama lain. 

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh para ahli gizi dan kesehatan, mereka menemukan adanya 5 manfaat ikan untuk kesehatan yang paling penting dan utama. Apa sajakah manfaat ikan yang dimaksud? 

5 Manfaat Ikan Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Kolestrol LDL.
Dibandingkan dengan daging ayam, sapi, bahkan udang dan lobster sekalipun, kandungan lemak jenuh yang terdapat pada ikan terbukti jauh lebih rendah. Dimana, lemak jenuh merupakan kandungan paling berpengaruh dan pendukung terjadinya peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sehingga, resiko meningkatnya kolestrol LDL akan sangat kecil bagi mereka yang gemar mengkonsumsi ikan.

2. Mengurangi Resiko Serangan Jantung dan Stroke.
Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi protein sehat dari daging ikan, tidak perlu khawatir akan resiko terjadinya serangan jantung apalagi stroke pada tubuh Anda. Berlimpahnya kandungan asam lemak Omega 3 pada ikan merupakan salah satu alasan utamanya.

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak.
Selain mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, kandungan asam lemak Omega 3 juga diyakini mampu meningkatkan daya kerja dan kualitas kecerdasan pada otak. Sehingga, akan sangat tepat memberikan ikan kepada sang buah hati Anda. Agar kemampuan mereka dalam berfikir akan jauh lebih baik dan cerdas.

4. Mengurangi Peradangan dan Nyeri Sendi.
Beberapa pengamatan membuktikan bahwa seseorang yang menjadikan ikan sebagai lauk utama sehari-hari mereka, akan terhindar dari resiko peradangan dan nyeri sendi, yang umumnya dialami oleh banyak orang.

5. Baik untuk Kesehatan Janin Bagi Ibu Hamil.
Manfaat ikan untuk kesehatan yang terakhir adalah, diperkayanya kandungan DHA pada ikan memungkinkan janin pada ibu hamil akan lebih sehat dan kebal dari berbagai virus dan bakteri yang menyerang di dalam tubuh sang ibu.

Setelah mengetahui 5 manfaat ikan tadi,maka adik-adik tidak usah ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi ikan. Tak harus ikan yang mahal, karena pada dasarnya semua ikan memiliki kandungan yang sama yang berguna untuk kesehatan kita.

Post a Comment

 
Top